Minggu, 06 Oktober 2013

Alat Peraga Matematika



CONGKLAK BIL-BUL





A.  Pengertian Congklak
Congklak adalah alat permainan tradisional yang terdiri dari 14 lubang sejajar dan memiliki 2 lubang besar. Satu diujung kanan dan satu lagi diujung kiri.




B.  Manfaat dan Tujuan
Dengan sedikit kreatifitas dan modifikasi, congklak dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran matematika. Misalnya dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Dengan menggunakan congklak bil–bul, diharapkan dapat memudahkan pemahaman siswa tentang konsep penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.




C.  Fungsi
Untuk menjelaskan tentang konsep penjumlahan dan pengurangan pada bilangan positif dan negative.




D. Alat dan Bahan yang digunakan

  • Congklak
  • Cat
  • Kuas
  • Thiner

E.  Cara penggunaan
Sebelum digunakan, kita mempunyai pekerjaan sedikit untuk memodifikasi congklak yang ada. Catlah bagian atas congklak sehingga sekarang kita mempunyai 2 warna yang berbeda. Misalnya 7 lubang yang sederet dan 1 lubang besarnya diberi warna hijau sedangkan 7 lubang di deret lain beserta 1 lubang besarnya diberi warna kuning. Kita juga harus menyiapkan biji congklak dengan warna yang berbeda pula. Untuk lubang yang berwarna kuning, kita taruh biji congklak yang berwarna kuning pada lubang yang besarnya. Untuk lubang yang berwarna hijau, kita taruh biji congklak yang berwarna hitam pada lubang besarnya.

  • Menjelaskan operasi penjumlahan pada bilangan bulat.
Sebelumnya, kita sepakati terlebih dahulu bahwa barisan pertama pada congklak yang berwarna hijau menandakan bilangan positif dan barisan kedua yang berwarna kuning menandakan bilangan negative. Bila jumlah biji yang di lubang barisan pertama dan di lubang barisan kedua berjumlah sama, maka nilainya nol (0).
IMG_4124.PNG
Contoh :
1.  3 + 2 = ….
  • Ambil biji congklak yang berwarna hitam sebanyak 3 butir kemudian letakkan kedalam lubang yang berwarna hijau masing–masing lubang berisi 1 butir biji.
  •  Karena ditambah 2, kemudian ambil lagi biji yang berwarna hitam sebanyak 2 butir. Letakan dilubang yang bernilai positif yang masih kosong.
  • Pada lubang ke-1 ada 1 buah, lubang ke-2 ada 1 buah, lubang ke-3 ada 1 buah, lubang ke-4 ada 1 buah dan lubang ke-5 pun ada 1 buah. Ambil semua biji tersebut lalu hitung. Maka akan terjawablah, bahwa 3 + 2 = 5.
2.  5 + (-7) = ….
  • Ambil biji congklak yang berwarna hitam sebanyak 5 butir kemudian letakan kedalam lubang yang berwarna hijau masing–masing lubang berisi 1 butir biji.
  •  Karena ditambah dengan minus, maka ambil lagi biji yang berwarna kuning sebanyak 7 butir. Letakan kedalam lubang yang berwarna kuning masing-masing 1 biji.
  • Perhatikan jika jumlah biji yang di lubang berwarna hijau dan kuning berjumlah sama, maka nilainya nol (0).
  • Ternyata antara lubang berwarna hijau dan kuning hanya ada 5 lubang yang berpasangan (yang sama-sama terisi). Sehingga bersisa 2 buah lubang yang tidak ada pasangan pada lubang yang berwarna kuning. Ambil biji congklak yang ada pada lubang itu, hitung ada berapa buah dan itulah hasilnya. Karena ada 2 buah biji congklak yang berwarna kuning dari lubang yang berwarna kuning, maka hasinya adalah negative 2.
Menjelaskan operasi pengurangan pada bilangan bulat.
  • Menjelaskan operasi pengurangan pada bilangan bulat.

Dalam operasi pengurangan kita tetap akan menggunakan kesepakatan awal kita seperti pada operasi penjumlahan.
Dalam pengurangan bilangan bulat, terlebih dahulu siswa diberi tahu konsep :
+ x + = +
+ x - = -
- x + = -
-x - = +

Contoh :
1.  8 – 6 = ….
  • Ambil biji congklak yang berwarna hitam sebanyak 8 butir. Letakan kedalam lubang yang berwarna hijau masing – masing lubang berisi 1 butir biji.
  • Karena dikurangkan dengan 6, maka ambil 6 butir biji dari lubang berwarna hijau yang telah diisi.
  • Ternyata biji yang tersisa pada barisan tersebut adalah 2 butir biji. Maka terjawablah bahwa 8 – 6 = 2.
2.  -3 – ( -7) = -3 + 7 = ….
  • Ambil biji congklak yang berwarna kuning sebanyak 3 butir, kemudian letakan kedalam lubang yang berwarna kuning masing-masing 1 biji.
  • Karena ditambah 7, maka ambil lagi biji congklak yang berwarna hitam sebanyak 7 butir, kemudian letakan kedalam lubang yang berwarna hijau masing – masing lubang berisi 1 butir biji.
  • Perhatikan jika jumlah biji yang di lubang berwarna hijau dan kuning berjumlah sama, maka nilainya nol (0).
  • Ternyata antara lubang berwarna hijau dan kuning hanya ada 3 lubang yang berpasangan (yang sama-sama terisi). Sehingga bersisa 4 buah lubang yang tidak ada pasangan pada lubang yang berwarna hijau. Ambil biji congklak yang ada pada lubang itu, hitung ada berapa buah dan itulah hasilnya. Karena ada 4 buah biji congklak yang berwarna hitam dari lubang yang berwarna hijau, maka hasilnya adalah positif 4.
Contoh ilustrasi pertanyaan :
1)  Berapakah hasil dari 5 + 6 = 
2)  Berapakah hasil dari 9 + (-2) = 
3)  Berapakah hasil dari 6 – 4 = 
4)  Berapakah hasil dari, -8 – (-1) = 

Keunggulan congklak bil – bul:
  • Mempermudah pemahaman dan menambah motivasi siswa dalam memahami operasi sederhana (penjumlahan dan pengurangan) dalam bilangan bulat.
  • Membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.
  • Mudah membuatnya karena menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Ika Fitriana Solihatun Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template